Genggam Ilmu Genggam Dunia

Biologi, Sistem Hormon : Adrenal, Pankreas, Ovarium, dan Testis

Biologi 
Untuk Video pembelajarannya kunjungi youtube chanel Pendidikan Dasar


     Biologi adalah salah satu bagian kajian keilmuan yang fokus membahas mengenai mahkluk hidup dan mahkluk tidak hidup yang mempengaruhi kegiatan atau aktivitas mahkluk hidup tersebut. Kali ini kita akan mempelajari sistem hormon yang mengatur aktvitas tubuh kita. 

Kelenjar Adrenal
Kelenjar adrenal atau kelenjar anak ginjal terbagi menjai dua bagian yaitu bagian tengah (medula) dan luar korteks.
a. Medula adrenal   
Bagian medula kelenjar adrenal memproduksi dua hormone yaitu hormon adrenalis (epinefrin) dan nonadrenalin (norepineflin).
1. Adrenalin
   Adrenalin disekresikan sebagai tanggapan terhadap keadaan stres. Peran adrenalin antara lain :
a). Mengubah glikogen dalam hati menjadi glukosa sehingga meningkatkan kadar gula darah
b). Melebarkan bronkiolus dan menurunkan diafragma sehingga lebih banyak udara yang dihirup.
c). Meningkakan laju dan kekuatan detgak jantung, sehingga meningkatkan tekanan darah
2. Nonadrenalin
  Kerja nonadrenalin umumnya bersufat antagonis terhadap kerja adrenalin, contohnya menurunkan laju detak jantung dan tekanan darah.
2. Korteks adrenal
  Korteks adrenal menghasilkan sejumlah hormone steroid yang disebut kartikoid. Hormon kortikoid dalam korteks adrenal terbagi menjadi dua yaitu glukokortikoid dan mineralokortikoid.
a). Glukokortikoid, hormone berhubungan metabolisme glukosa dan dibentuk pada saat cemas dan gelisah, demam, dan sakit.
b). Mineralokortikoid, berhubungan dengan retensi (penyimpanan air) melalui pengaturan distribusi ion – ion organik dan meningkatkan reabsorsi ion natrium dan klor.

Kelenjar Pankreas
Sel – sel penghasil hormone pada kelenjar pancreas adalah pulau – pulau Langerhans. Pulau Langerhans kemudian terbagi menjadi dua tipe, yaitu sel - sel alfa dan sel – sel beta. Sel – sel alfa menghasilkan hormon glukagon yang berfungsi sebagai tanggapan atas turunnya kadar gula darah. Sel – sel beta menghasilkan hormon insulin yang bekerja berlawanan dengan kerja hormon glukagon.

Ovarium dan Testis
Ovarium merupakan organ reproduksi pada perempuan yang memproduksi sel telur atau ovum. Ovarium juga menghasilkan hormone progesteron dan estrogen. Progesterone berperan dalam mempersiapkan dinding uterus untuk pertumbuhan embrio dengan mempertebal dinding uterus. Estrogen berperan dalam merangsang pertumbuhan tanda – tanda kelamin sekunder pada perempuan.
Testis merupakan organ reproduksi laki – laki yang berfungsi untuk menghasilkan sel – se sperma atau spermatozoa. Testis juga memproduksi hormone testosteron berfungsi pada pemeliharaan tanda kelamin sekunder.     
Tag : Biologi, Kelas XI
0 Komentar untuk "Biologi, Sistem Hormon : Adrenal, Pankreas, Ovarium, dan Testis"

Back To Top