Genggam Ilmu Genggam Dunia

Teks Eksposisi

Teks Eksposisi


Struktur teks eksposisi :
1. Tesis
2. Argumentasi 
3. Penegasan Ulang 
4. Rekomendasi 


Contoh Teks Eksposisi : 

Tema : Masalah Pendidikan 



     Sistem pendidikan di Indonesia tersusun dari 2 kurikulum yang digunakan yaitu Kurikulum KTSP dan Kurikulum 2013. Sistem pendidikan di Indonesia masih dikatakan belum layak. masih banyak masalah - masalah yang menyangkut tentang pendidikan Indonesia. Seperti : Ketidak merataan pendidikan , Korupsi , Keterbatasan sarana dan prasarana penunjang pendidikan. Sistem pendidikan di Indonesia dikatakan tetinggal jauh dari Amerika, Finlandia , Bahkan negara tetangga seperti Singapura.
     Sistem pendidikan di Indonesia yang mengutamakan pada pembinaan karakter peserta didik. Masih belum berjalan dengan lancar ditandai dengan siswa yang masih belum percaya diri dengan jawabannya ketika ulangan yang membuatnya menyontek jawaban siswa lain. Bukan hanyai itu, ketidak merataan pendidikan di Indonesia juga menjadi masalah. Hal ini diperkuat dengan banyaknya sekolah dipedalaman seperti di pelosok - pelosok negeri yang kekurangan tenaga pengajar dan sarana. mereka harus belajar menggunakan gedung yang tak layak pakai. Adapun masalah lainnya adalah sistem kurikulum itu sendiri, KTSP dan K-13 yang digunakan sebagai kurikulum pendidikan masih belum bejalan dengan baik, utamanya K-13 masih banyak tenaga pendidik yang masih belum mengerti sistem pembelajaran menggunakan K-13, Ketidak mengetian guru ini membuat peserta didik juga tidak mengerti. Menurut data dana apbn 2016 yang diberikan untuk kementrian pendidikan dasar dan kebudayaan mencapai 49.232,8 Miliar rupiah . Dana ini merupakan anggaran kementrian tertinggi ke- 5 dari 34 kementrian. Dana ini seharusnya dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin namun, Banyaknya oknum yang ingin meraup keuntungan membuat kasus korupsi merajai negeri ini. 
     Sistem pendidikan yang harusnya memberikan kejelasan tentang pendidikan di Indonesia harusnya diselenggarakan dengan sebaik mungkin agar dapat memberikan kecerdasan kepada peserta didik sebagai penerus masa depan bangsa . dan juga untuk mencegah berbagai masalah yang dapat terjadi seperti masalah - masalah diatas. 
      Oleh Karena itu, Marilah kita sama - sama membangun sinergi dan membangun bangsa kita dengan semangat perjuangan kita bangun indonesia dengan membangun sistem pendidikan yang bermutu dan bersinergi dan memanfaatkan dana APBN yang 49.232,8 M dengan sebaik dan semaksimal mungkin agar dapat menghasilkan peserta didik yang bermutu dan berkualitas. 
     
1 Komentar untuk "Teks Eksposisi"

izin saya tulis ulang dibuku pelajaran bahasa Indonesia ya kak, makasih!

Back To Top