Genggam Ilmu Genggam Dunia

Biologi, Sistem Hormon : Hipofisis, Tiroid, dan Paratiroid

Biol
Untuk penjelasannya kunjungi youtube chanel Pendidikan Dasar



     Biologi adalah salah satu bagian kajian keilmuan yang fokus membahas mengenai mahkluk hidup dan mahkluk tidak hidup yang mempengaruhi kegiatan atau aktivitas mahkluk hidup tersebut. Kali ini kita akan mempelajari sistem hormon yang mengatur aktvitas tubuh kita. 


Kelenjar Hipofisis
Kelenjar hipofisis yang terletak di otak besar disebut juga master of gland, karena menghasilkan bermacam-macam hormon yang mengatur kegiatan kelenjar lainnya. Kelenjar hipofisis dibagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian anterior, bagian tengah, dan bagian posterior. Kelenjar hipofisis bekerja sama dengan hipotalamus mengendalikan organ-organ tubuh.  
1. Hipofisis bagian anterior
a. Hormon Pertumbuhan (Growth Hormone, Somatotropin), mengatur perumbuhan dan metabolisme tubuh.
b. Thyroid Stimulating Hormon / Tirotropin (TSH), mengatur sekresi hormon tiroid dan pertumbuhan kelenjar tiroid.
c. Hormon Adrenokortikotropik (ACTH), mengatur sekresi kortisol oleh korteks adrena dan pertumbuhan korteks adrenal
d. Follicle Stimulating Hormone (FSH),  pada pria berfungsi untuk produsi sperma, sedangkan pada wanita berfungsi untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan sel ovum.
e. Luteinizing Hormone (LH), pada pria berfungsi untuk merangsang produksi hormon testosteron, sedangkan pada wanita berfungsi untuk mengatur produksi hormon estrogen dan progesteron serta berperan penting dalam proses ovulasi.
f. Prolaktin, berfungsi untuk mengatur pertumbuhan dan perkembangan payudara serta memproduksi air susu pada wanita.
2. Hipofisis bagian tengah
Hipofisis bagian tengah menghasilkan hormon perangsang melanosit atau Melanosit Stimulating Hormon (MSH). Apabila hormon ini terlalu banyak dihasilkan, maka akan menyebabkan kulit menjadi hitam.
3. Hipofisis bagian posterior
Hipofisis bagian posterior menghasilkan oksitosin yang berfungsi mempengaruhi otot uterus berkontraksi sehingga memper-mudah proses persalinan, Hipofisis bagian ini juga menghasilkan ADH (Antidiuretic hormone) atau vasopressin yang berfungsi menyebabkkan kontraksi dinding pembuluh darah, juga sebagai anti diuretik, mencegah pengeluaran urin yag terlalu banyak.

Kelenjar Tiroid
Kelenjar tiroid atau disebut juga dengan kelenjar gondok terletak di bagian leher, di kanan kiri trakea dekat laring. Hormon yang dihasilkan kelenjar tiroid adalah tiroksin yang berperan mempengaruhi proses metabolisme, memproduksi energi dan oksidasi sel. Selain itu, menghasilkan hormon kalsitonin yang berfungsi menjaga keseimbangan kalsium darah.

Kelenjar Paratiroid


Kelenjar paratiroid atau kelenjar anak gondok terletak pada permukaan bagian belakang kelenjar tiroid. Hormon yang dihasilkan oleh kelenjar paratiroid adalah hormone parathyroid atau Parathyroid hormone (PTH). Hormon ini berfungsi untuk memobilisasi ion kalsium dari rangka, merangsang absorbsi ion kalsium dan fosfor dari saluran pencernaan dan menjaga keseimbangan ion kalsium.


Untuk penjelasannya kunjungi youtube chanel Pendidikan Dasar
Tag : Biologi, Kelas XI
0 Komentar untuk "Biologi, Sistem Hormon : Hipofisis, Tiroid, dan Paratiroid"

Back To Top