Genggam Ilmu Genggam Dunia

Kimia, pH Asam Lemah dan Basa Lemah

Kimia
Untuk penjelasan dan Contoh soal dapat dilihat pada Youtube Chanel Pendidikan Dasar



Kimia adalah salah satu bidang dari ilmu pengetahuan yang memiliki fokus kajian mengenai segala sesuatu tentang materi. Dalam kehidupan sehari - hari, banyak hal yang tidak terlepas dari pelajaran kimia karena kimia erat kaitannya dengan kita. Kali ini kita akan mempelajari mengenai pH asam dan basa. 
A. Asam Lemah 
Asam lemah yaitu senyawa asam yang dalam larutannya hanya sedikit terionisasi menjadi ion-ionnya. Reaksi ionisasi asam lemah merupakan reaksi kesetimbangan. Secara umum, ionisasi asam lemah valensi satu dapat dirumuskan sebagai berikut.
HA(aq) ←⎯⎯⎯⎯→ H+ (aq) + A– (aq) + sehingga nilai Ka. 
Makin kuat asam maka reaksi kesetimbangan asam makin condong ke kanan, akibatnya Ka bertambah besar. Oleh karena itu, harga Ka merupakan ukuran kekuatan asam, makin besar Ka makin kuat asam. Berdasarkan persamaan di atas, karena pada asam lemah [H+ ] = [A– ], maka persamaan di atas dapat diubah menjadi:

Sehingga, diperoleh persamaan untuk mencari nilai [H+]
Keterangan :
Ka = tetapan ionisasi asam
[HA] = konsentrasi asam lemah


     B. Basa Lemah

Basa lemah yaitu senyawa basa yang dalam larutannya hanya sedikit terionisasi menjadi ion-ionnya. Reaksi ionisasi basa lemah juga merupakan reaksi kesetimbangan. Secara umum, ionisasi basa lemah valensi satu dapat dirumuskan sebagai berikut.
B(OH)(aq) ←⎯⎯⎯⎯→ B+ (aq) + OH– (aq)
Makin kuat basa maka reaksi kesetimbangan basa makin condong ke kanan, akibatnya Kb bertambah besar. Oleh karena itu, harga Kb merupakan ukuran kekuatan basa, makin besar Kb makin kuat basa. Berdasarkan persamaan di atas, karena pada asam lemah [OH- ] = [B+], maka persamaan di atas dapat diubah menjadi:

Sehingga dapat diperoleh nilai OHsebagai berikut :




Untuk penjelasan dan Contoh soal dapat dilihat pada Youtube Chanel Pendidikan Dasar
Tag : Kelas XI, Kimia
0 Komentar untuk "Kimia, pH Asam Lemah dan Basa Lemah"

Back To Top