Genggam Ilmu Genggam Dunia

Kimia, pH Asam Kuat dan Basa Kuat

Kimia
Untuk penjelasan dan contoh soal dapat dilihat melalui Youtube Chanel Pendidikan Dasar



Kimia adalah salah satu bidang dari ilmu pengetahuan yang memiliki fokus kajian mengenai segala sesuatu tentang materi. Dalam kehidupan sehari - hari, banyak hal yang tidak terlepas dari pelajaran kimia karena kimia erat kaitannya dengan kita. Kali ini kita akan mempelajari mengenai pH asam dan basa. 
Adanya ion H+ dan ion OH- telah memberikan pengertian asam dan basa menurut Arrhenius. Apakah hubungan antara banyaknya konsentrasi H+ dan OH- dengan derajat keasaman? Ion H+ dan OH- selain dapat menjelaskan sifat asam dan basa juga dapat menjelaskan derajat keasaman atau derajat kebasaan.
Semakin besar konsentrasi ion H+ semakin besar derajat ke asamannya dan sebaliknya, semakin besar konsentrasi ion OH semakin besar pula derajat kebasaannya dan sebaliknya.
Larutan-larutan yang sangat encer nilai konsentrasi H+ dan OH- itu sangat kecil, sehingga menyulitkan dalam penghitungan derajat keasaman. Seorang ahli biokimia dari Denmark pada tahun 1909 mengusulkan agar perhitungan konsentrasi ion H+ dan OH- yang sangat kecil dan tak sederhana itu digunakan dengan istilah pH yang menyatakan derajat atau tingkat ke asaman larutan tersebut. pH diperoleh sebagai hasil negatif logaritma 10 dari konsentrasi ion H+.
Jadi, bila ditulis dengan persamaan matematika adalah sebagai berikut:
pH = -log [H+]
Analog dengan cara perolehan pH untuk larutan asam maka pada larutan basa berlaku:
pOH = -log [OH]
pH = 14-(-log [OH])
Usulan Sorensen tersebut sangat menggembirakan di kalangan ilmuwan dan cara tersebut masih relevan untuk dipakai sampai sekarang. Rumus tersebut dapat memberikan pengertian bahwa semakin besar [H+] semakin kecil harga pH-nya dan semakin kecil [H+] semakin besar harga pH-nya. Jadi semakin besar harga pH, semakin kecil derajat keasamannya, (pH berbanding terbalik dengan derajat keasaman).

Menghitung pH asam kuat dan basa kuat.
Dalam menentukan besarnya [H+] pada larutan asam dan [OH-] pada larutan basa secara stoikiometri maka pH suatu larutan asam dan basa dapat ditentukan atau dihitung dengan rumus: [H+] = Ma. valensi bsam
[OH-] = Mb. valensi basa
Keterangan :
Ma : Konsentrasi asam kuat
Mb : Konsentrasi basa kuat

Untuk penjelasan dan contoh soal dapat dilihat melalui Youtube Chanel Pendidikan Dasar
Tag : Kelas XI, Kimia
0 Komentar untuk "Kimia, pH Asam Kuat dan Basa Kuat "

Back To Top