Genggam Ilmu Genggam Dunia

Kimia, Teori Asam - Basa


Untuk video pembelajarannya dapat dilihat di Chanel Youtube Pendidikan Dasar


       Kimia adalah salah satu bidang dari ilmu pengetahuan yang memiliki fokus kajian mengenai segala sesuatu tentang materi. Dalam kehidupan sehari - hari, banyak hal yang tidak terlepas dari pelajaran kimia karena kimia erat kaitannya dengan kita. Kali ini kita akan mempelajari mengenai konsep asam basa. 


A.    Konsep Asam – Basa
1.  Teori Arrhenius 
     Menurut Arrhenius, asam adalah zat yang dalam air melepakan ion H+, sedangkan basa adalah zat yang dalam air melepaskan ion OH–. Jadi pembawa sifat asam adalah ion H+, sedangkan pembawa sifat basa adalah ion OH– 
Contoh Asam :

Contoh Basa :


2.      Teori Bronsted - Lowry
Johannes Bronsted dan Thomas Lowry secara terpisah mengusulkan de­finisi asam sebagai suatu senyawa yang dapat melepaskan proton (H+) dalam larutan, sedangkan basa adalah senyawa yang menerima proton dalam larutan. Dalam teori asam-basa Bronsted-Lowry, asam disebut sebagai donor proton, sedangkan basa disebut sebagai akseptor proton. Bendasarkan definisi tersebut hadir istilah asam basa kanjugat.



3.      Teori G.N. Lewis
Menurut Lewis, asam adalah suatu zat yang menerima pasangan elektron dari senyawa lain, sehingga disebut sebagai akseptor pasangan elektron. Sementara basa adalah suatu senyawa yang memberikan pasangan elektron kepada senyawa lain, sehingga disebut sebagai donor pasangan elektron. Contoh Asam – Basa Lewis; antara NH3 yang bereaksi dengan BF3.
Untuk video pembelajarannya dapat dilihat di Chanel Youtube Pendidikan Dasar 

Tag : Kelas XI, Kimia
0 Komentar untuk "Kimia, Teori Asam - Basa"

Back To Top