Genggam Ilmu Genggam Dunia

Hakikat dan Peran Ilmu Kimia




     Ilmu kimia berasal dari bahasa arab kuno, yang mendekati kata Chemia yang berarti memasak emas. Hakikat ilmu kimia adalah ilmu yang mempelajari tentang materi yang meliputi struktur, Susunan , sifat dan perubahan materi serta energi yang melingkupinya. Materi - materi yang menjadi penyusun bumi , laut, udara dan gas alam merupakan kombinasi dari macam - macam unsur kimia yang disebut barang mentah.
     Ilmu kimia perlu kita pelajari karena ilmu kimia adalah salah satu ilmu penting yang dimana ilmu tersebut sangat berkaitan dengan kehidupan sehari- hari. Ilmu kimia memiliki banyak manfaat yang baik jika kita mengerti dan mau mempraktikannya. contohnya : dengan ilmu kimia kita dapat menemukan Vaksin untuk imunisasi pada bayi.
     Selain itu, Ilmu kima sangat berkaitan dengan ilmu - ilmu lainnya. adapun kaitannya dengan ilmu lain adalah ;
a. Kaitannya dengan Ilmu biologi : Proses fotosisntesis dengan memproduksi senyawa yang terbentuk     dari unsur - unsur dipelajari dikimia.
b. Kaitannya dengan Ilmu Kedokteran : Proses pembuatan obat dan vaksin dengan mempelajari
    unsur - unsur yang terdapat didalamnya dipelajari dikimia.
     Adapun Peran ilmu kimia dalam Kehidupan diberbagai aspek pengetahuan adalah :
1. Di Bidang Pertanian
    Ilmu Kimia dapat digunakan sebagai bahan pembuat pupuk untuk meningkatkan kualitas dan hasil panen. Selain pupuk, Bahan Kimia KMnO4 digunakan untuk menghambat pematangan buah yang terjadi sebelum panen.

2. Di Bidang Kedokteran
    Analisis kimia dilaboratorium rumah sakit menggunakan bahan - bahan kimia untuk mengecek penyakit yang diderita oleh pasien dengan sampel darah.Misalnya 131 I Digunakan untuk mendeteksi kerusakan pada kelenjar tiroid

3. Di Bidang Ilmu pengetahuan dan Teknologi
    Ilmu kimia berperan dalam bidang IPTEK yaitu Pembuatan mikrochip. Dimana bahan dasar pembuatannya berasal dari unsur kimia yaitu silikon.
Tag : Kimia
0 Komentar untuk "Hakikat dan Peran Ilmu Kimia"

Back To Top